Jumat, 22 Oktober 2010

Degradasi Moral

Saat ini bangsa Indonesia sedang mengalami banyak masalah, seperti : konflik antar golongan, bencana alam, Korupsi Kolusi & Nepotisme yang merajalela.
Hal ini umumnya disebabkan karena ulah manusia itu sendiri yang mempunyai moral yang semakin menurun. Karena manusia lambat laun lebih memikirkan kehidupan duniawinya. Terbukti dimana mana dapat ditemui perbuatan yang tidak sesuai dengan moral bangsa kita yang luhur.

 Pejabat-pejabat yang seharusnya memikirkan rakyatnya malah mengingkari apa yang diamanatkan, mereka  lebih mementingkan dirinya sendiri tanpa melihat betapa sengsaranya hidup rakyat mereka. Dan lebih parahnya lagi perbuatan tersebut meambah ke masyarakat  bawah yang semakin terhimpit ekonominya. Tentunya mereka akan menghalalkan segala cara untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, misalnya : pencurian, penjarahan, pemalsuan uang dan berbagai macam tindak kriminalitas lainnya.

Melihat hal itu saya merasa prihatin dan terketuk hati saya, untuk itulah saya memilh topik ini, agar saya menjadi kritis dan peka terhadap fenomena sosial yang banyak dibicarakan oleh bangsa kita saat ini, khususnya moral yang semakin terdegradasi oleh nafsu manusia yang tidak terkontrol.

Saya sebagai generasi bangsa yang peduli terhadap kelangsungan hidup bangsa dan negara Indonesia tidak ingin melihat kehancurannya karena Degradasi Moral.. Jadi, perlunya pembenahan dalam moral setiap manusia. Seperti : menanamkan sikap terpuji sejak dini, mengintensifkan kegiatan rohani dan yang lebih penting perlunya introspeksi diri bagi setiap orang tentang segala hal yang dilakukannya bersifat positif, sehingga terhindar dari hal-hal yang bertentangan dengan moral.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar